Monday, April 20, 2020

KEGIATAN BAKTI SOSIAL DI PANTI WREDHA


Pada hari Sabtu, tanggal 12 Oktober 2019, kami melakukan kunjungan di Panti Wreda Omega yang terletak di Jalan Roro Jonggrang No. 1, Manyaran.

Beragam kegiatan kami lakukan bersama dengan para penghuni Panti Wreda . Mulai dari kegiatan yang penuh keceriaan seperti bernyanyi bersama, membangun rasa kekeluargaan seperti kegiatan sharing tentang keluarga maupun juga berdoa bersama antara kami dan para penghuni panti.

Di Panti Wreda Omega tersebut saya bertemu dengan berbagai karakter dan kondisi penghuni panti.

Saya prihatin ketika bertemu salah satu oma dan opa yang memiliki keterbatasan dalam berbicara. Namun keprihatinan saya agak berkurang dan saya agak sedikit senang karena mengetahui adanya ketelatenan perawat yang membantu beliau dengan perawatan yang memadai dalam melakukan aktivitasnya.

Selanjutnya kami mendengarkan sharing dari oma Ruth. Oma Ruth sudah berusia 77 tahun. Berdasarkan sharing Oma Ruth, beliau dulunya bekerja sebagai kepala sekolah dasar. Selain itu beliau juga melakukan kegiatan mengajar Bahasa Inggris SMP dan SMA. Beliau bertempat tinggal di Kaliwungu/ Citarum. Beliau juga menceritakan bahwa sudah 10 tahun berada di Panti Wreda Omega ini.

Kemudian kami juga bertemu dengan seorang Oma yang sudah berusia 82 tahun. Beliau bercerita bahwa telah memiliki 4 orang anak. Dari semua anak beliau telah melahirkan 8 orang cucu. Beliau menceritakan anaknya dulu melakukan pendidikan kedokteran. Namun sekarang anaknya tinggal di luar Kota Semarang semua.

Setelah melakukan kunjungan saya dapat menyimpulkan dan mengambil beberapa pelajaran yang mungkin dapat saya lakukan di kemudian hari.

Saya bisa memberikan keceriaan kepada siapa saja terutama bagi orang tua saya tanpa memandang usia mereka. Saya harus berbakti kepada orang tua saya, walaupun saya belum mampu maksimal sesuai harapan orang tua saya, namun dengan kehadiran saya di dekatnya akan dapat memberikan keceriaan bagi orang tua saya.

Terbukti dengan kunjungan saya kemarin, bahkan walaupun awalnya saya orang asing bagi para penghuni Panti Wreda Omega mampu memberikan warna dan keceriaan di hari itu kepada oma dan opa penghuni panti.

Oleh sebab itu, dengan usia berapapun orang tua saya, mereka membutuhkan kehadiran saya sebagai orang yang bisa memberikan warna di setiap hari mereka di dekat mereka. 


No comments:

Post a Comment