Monday, April 20, 2020

 KEGIATAN KEAGAMAAN


Pada hari Sabtu, tanggal 7 Desember 2019, kita mengadakan kegiatan keagamaan, diawali dari sholat Dhuha kemudian dilanjutkan dengan membaca Asmaul Husna secara bersama sama.

Selain shalat farhdu (wajib) yang lima waktu, adapula shalat sunnah yang dapat diamalkan oleh setiap muslim. Salah satunya yaitu shalat Dhuha. Sholat dhuha dilakukan saat matahari mulai naik hingga sekitar jam 11.

Sholat Dhuha memiliki beberapa manfaat dan keutamaan yaitu orang yang sholat Dhuha akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah Swt.

“Barangsiapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Turmudzi). 

Orang yang menunaikan shalat Dhuha akan dicatat sebagai ahli ibadah dan taat kepada Allah Swt.

“Barangsiapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah Swt tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah Swt akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani). 

Membaca doa setelah sholat juga disunahkan menjadi pelengkap ibadah. Contohnya dengan membaca Asmaul Husna. Ada beberapa manfaat dan keistimewaan dalam asmaul husna yaitu

* ‌Membuka pintu rezeki
       Dalam asmaul husna ada beberapa nama yang menunjukkan bahwa Allah Swt maha kaya, dan jika dibaca secara rutin niscaya pintu rezeki  akan terbuka yaitu  al-mughni, al ghaniyyu.

* ‌Menyembuhkan penyakit
      Allah Swt akan memberikan kesembuhan semua penyakit baik fisik maupun hati jika mereka berdoa dengan tulus pada Allah Swt, karena ada nama yang menunjukkan bahwa Allah Swt itu memiliki sifat penyembuh, yaitu  ad-dhar, an-nafi’.

* ‌Memperoleh kemudahan
       Dengan meminta kepada Allah Swt melalui membaca asmaul husna secara ikhlas dan penuh pengharapan niscaya Allah Swt akan memberikan kemudahan bagi setiap masalah anda. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa nama Allah Swt yang memiliki makna sebagai pemberi kemudahan dan kelapangan, diantaranya al-barru, al-muqtadir.

No comments:

Post a Comment